Computer, Linux, Program, Source Code, Tutorial, Website

2020-04-30

Mengenal Constraints dan Cara Implementasi Constraints pada Database

Melanjutkan artikel database yang sebelumnya sudah saya tulis tentang Data Type. Pada artikel sebelumnya sempat saya jelaskan untuk membatasi atau memberikan limit data yang diinputkan berdasarkan jenis data dapat dilakukan dengan menggunkaan tipe data. Selain data type terdapat rule atau atauran lagi yang dapat digunakan untuk membatasi satu data yang diinpukan pada suatu kolom di database yaitu adalah CONSTRAINTS.

Apa Itu Constraints ?

Constraints pada konsep relationship database merupakan suatu kondisi atau aturan yang digunakan untuk membatasi suatu kolom untuk dapat menyimpan data. Dengan menerapakan constraint pada suatu kolom memberikan batasan dalam melakukan perubahan dan pengahapusan suatu data pada suatu baris yang memiliki ketergantungan dengan data dari tabel lain.


Macam-macam Constraints pada Database

Terdapat beberapa constraints yang dapat diterapkan untuk dalam pembuatan database. Berikut ini beberapa contoh constraint beserta fungsinya :

Constraint Fungsi
PRIMARY KEY Suatu constraint yang diguankan pada kolom sebagai identitas pada masing-masing baris data pada suatu tabel. Berdasarkan sumber yang saya baca PRIMARY KEY constraint yang merupakan kombinasi dari 2 buah constraint yaitu UNIQUE, dan NOT NULL.
FOREIGN KEY Pada relasional database memungkinkan suatu baris atau record menggunakan nilai dari PRIMARY KEY tabel lain yang akan digunakan untuk sebagai relasi antar tabel.
NOT NULL constraint untuk mengatur suatu kolom wajib memiliki nilai (tidak dapat bernilai NULL).
UNIQUE constraint yang digunakan untuk mengatur atau memberikan batasan pada suatu kolom memiliki tiap-tiap nilai yang tidak boleh sama (masing-masing record pada suatu kolom akan memiliki nilai yang berbeda).
Biasanya diterapkan pada kolom : username, email, nomor telephone
CHECK Constraint yang digunakan untuk memeriksa nilai yang diinputkan berdasarkan kondisi yang telah ditentukan.
DEFAULT Constraint yang digunakan untuk memberikan nilai default pada suatu kolom jika tidak ada nilai yang diinputkan.
INDEX Constraint yang digunakan untuk membuat dan mendapatkan kembali data dengan sangat cepat. Constraint INDEX biasanya digunakan pada database yang telah menampung data dengan jumlah yang sangat besar untuk menentukan mendapatkan nilai index dari satu atau beberapa kolom sebelum dilakukan sorting.

Dari beberapa constraint yang saya sebutkan pada di atas yang sering saya gunakan pada database untuk sistem yang saya kembangkan adalah PRIMAY KEY, FORIGEN KEY, NOT NULL, dan UNIQUE.



Cara Mengimplementasikan Constraint pada Database

Dalam  mengimplementasikan constraint pada saat dalam pembuataan database anda dapat mendeklarasikan atau mendefinisikan perintah yang menunjukan suatu constraint dapat dilakukan ketika anda mengeksekusi perintah CREATE untuk membuat suatu table database.

Untuk mengimplementasikan constraint ini saya akan menggunakan khasus sistem pemesanan product, berikut terdapat 2 cara untuk mengimplementasikan cosntraint pada pembuatan database yaitu :

1. Membuat Constrant pada Command Pembuatan Table

Mendeklarasikan query constraint secara langsung pada query yang anda gunakan untuk membuat tabel. Berikut contoh query untuk membuat table beserta constraint-nya (Query berikut dapat anda jalankan pada DBMS MYSQL) :


Bisa anda cermati untuk source code query untuk membuat table beserta constraint-nya di atas pembuatan table dieksekusi urut dari table user, product, order, dan order_detail. Untuk table order dan order_detail dieksekusi terakhir karena memiliki constrant dengan table user dan product. Jika table order dan order_detail dieksekusi terlebih dahulu maka akan berdampak error pada command query anda. Jadi jika anda menggunakan cara ini silahkan eksekusi terlebih dahulu commad query yang tidak memiliki constraint.

2. Membuat Table dan Constraint dengan Command Query Terpisah

Jika anda telah membuat table pada database namun anda belum membuat constraint-nya, sebenarnya anda bisa menambahkan constraint pada tabel yang telah anda buat yang berarti anda akan memodifikasi tabel yang telah anda buat dengan menggunkan perintah ALTER.
Untuk memanipulasi table kususnya mengatur dan constraints pada database dapat dilakukan dengan menggunkaan basic command  query berikut :

Menambahkan Constraints
ALTER TABLE nama_tabel ADD constraint;

Menghapus Constraints
ALTER TABLE nama_tabel DROP constraint;

Berikut ini step-by-step membuat table dan constraint dengan command query terpisah (Query berikut dapat dieksekusi pada DBMS MYSQL) :

Source Code Query untuk membuat Table


Source Code Query untuk membuat Constrants pada Table di atas



Berikut ini hasil dari database schema dari souece code query yang saya jalankan DBMS MYSQL

Gambar Hasil Database Schema di MYSQL


Refrensi :
w3schools.com
Stack Overflow | What are database constraints?

Sekian artikel kali tentang Constraints Database, banyak kekurangan dan kata-kata yang tidak berkenan saya mengucapkan mohon maaf. Terima Kasih...

~Semoga Bermanfaat~

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top