Computer, Linux, Program, Source Code, Tutorial, Website

2018-08-03

Pengertian Database dan Fungsi Kegunaan Database

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang database, pengertian database, kegunaan atau fungsi database dan beberapa istilah-istilah yang dikenal pada database.


Sebelum kita lanjut membahas lebih dalam tentang database kami akan membahas sekilas tentang Sistem Informasi

A : Tahukah anda seberapa penting kegunaan database pada sistem informasi?
Q : Penting, karena database adalah komponen utama pada pada Sistem Informasi, meskipun tidak semua sistem menggunakan Query dan SQL untuk pengolahan data. Berikut ini penjelasan lebih lanjut mengenai Sistem Informasi.

Sistem Informasi adalah suatu sistem yang dirancang untuk mempermudah kerja manusia dalam mengolah data-data menjadi informasi. Database disebut sebagai komponen yang penting pada suatu sistem informasi adalah database yang digunakan untuk menyimpan dan mengolah data sehingga dapat ditampilkan dalam bentuk informasi yang berguna. Berikut ini beberapa aplikasi atau software yang dapat digolongkan sebagai sistem informasi, misalkan:
  • Perpustakaan (untuk mengolah data-data berupa buku, dan peminjaman).
  • Klinik / Rumah Sehat (untuk mengolah data-data pasien, obat, penyakit, rekam medis dll).
  • Akademi (dapat diterapkan sebagai pendaftaran, pembayaran, penjadwalan, nilai, presensi lain sebagainya untuk membantu kinerja akademis).
  • Game / Permainan juga dapat disebut dengan sistem informasi karena memiliki data-data yang memungkinkan diolah sebagai informasi item, level, score, player, dan lain-lain sebagainya.
Berdasarkan beberapa contoh diatas dapat anda membayangkan apabila tidak menggunakan sistem informasi atau dilakukan kegiatan secara manual maka akan mengakibatkan kurang efektif dalam melakukan menejement data. 

Apa itu Database ?

Database atau basis data adalah kumpulan data terstuktur yang disimpan pada media penyimpanan (storage) yang dapat diolah untuk mempermudah dalam menghasilkan suatu informasi.


Pada basis data dikenal beberapa istilah yang sangat umum, sekilas akan kami jelaskan :
Silahkan perhatikan gambar di bawah ini, Gambar table database.
contoh gambar table record field pada database beserta pengertiannya

Coba anda bayangkan suatu table pasti memiliki kolom dan baris, sama halnya dengan table database tentu saja memiliki baris dan kolom namun dengan yang berbeda.
  1. Table

    Table atau dapat disebut juga dengan datasheet adalah seperangkat elemen data yang memiliki nilai disusun menggunakan model kolom berbentuk vertikal di identifikasi berdasarkan nama dan baris horizontal yang disebut dengan record.
  2. Field

    Field adalah Tiap-tiap record pada database dibagi menjadi beberapa bagian. Relational database mengatur data sebagai kumpulan record database, juga disebut baris. Setiap record terdiri dari beberapa field. field semua record yang membentuk kolom.
  3. Record

    Yang dimaksud dengan record pada relasional database adalah sebuah baris merepresentasikan satu item data ter struktur tunggal dalam sebuah tabel.

Aplikasi yang digunakan untuk mengolah database disebut dengan DBMS (Database Management System), beberapa DBMS yang dapat digunakan yaitu : SQL Server, MYSQLORACLE, PostgreSQL,  dan lain sebagainya. Beberapa DBMS tertentu ada yang memiliki beberapa sintak atau perintah unix yang hanya dapat digunakan pada DBMS tersebut, namun untuk basic query nya tepat sama.


Apa itu SQL ?

SQL (Structured Query Language) adalah bahasa standar terstruktur yang digunakan untuk mengolah data pada database relasional. Query yang digunakan untuk mendeklarasikan atau menyusun suatu database biasanya dapat disimpan pada file dengan format *.sql .

Berikut ini tutorial dan contoh penggunaan Query :
Cara penulisan dan contoh penggunaan query untuk mengolah database (membuat, melakukan manipulasi dan mengatur database).


Berikut ini beberapa artikel yang membahas lebih lanjut Database :
1. Pengertian Database dan Fungsi Kegunaan Database ~ Halaman ini
2. Perancangan Database dengan ERD (Entity Relationship Diagram)
3. Macam-macam Tipe Data (Data Type) pada Database
4. Mengenal Constraints dan Cara Implementasi Constraints pada Database
5. Memahami Database Schema untuk Merancang Database RDB (Relationship Database)
6. Database Self Relationship (Relasi Antara Suatu Tabel dengan Tabel itu Sendiri)
7. Belajar dasar-dasar SQL untuk Database (Basic Query) DDL dan DML
8. Membuat Database Menggunakan MYSQL di Linux Ubuntu
9. Tutorial Membuat Database pada MYSQL Melalui PHPMYADMIN Tanpa Coding
10. Cara Ekspor dan Impor Database pada MARIA DB / MYSQL

Sekian dari kami, Trima Kasih
~Semoga Bermanfaat~

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top