Computer, Linux, Program, Source Code, Tutorial, Website

2023-05-17

Mengenal dan Memahamai Bekerja dengan Virtual Environment pada Python Programing Language

cara menggunakan virtual environment pada bahasa pemrograman python

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Virtual Environment pada Python Programing Languange, meliputi beberapa pokok bahasan berikut ini :

  1. Apa itu Virtual Environment?
  2. Cara install Virtual Environment
  3. Cara create / membuat Virtual Enviroment
  4. Mengaktifkan Virtual Environment
  5. Mengnonaktifkan Virtual Environment


Apa yang dimaksut dengan Virtual Environment?

Virtual Environment adalah suatu lingkungan terisolasi yang dibuat untuk suatu project dalam bahasa pemrograman python tertentu dengan tujuan supaya tidak terpengaruh atau pun mempengaruhi oleh project yang lain saat dikembangkan. Dengan menerapkan vitual environment sangat memudahkan ketika dilakukan deployment, karena selama penggembangan yang telah dilakukan konfigurasi dan installasi library / package pada project tersebut telah terbungkus dalam suatu environment tertentu, pengembang hanya perlu melakukan redirect ke dalam file text untuk mendokumentasikan library yang telah terinstall pada project tersebut. 

Jika tidak menggunakan virtual environment kendala yang sering terjadi dalam mengembangkan project dengan bahasa python adalah bentrok terkait versi library yang telah terinstall dan yang akan digunakan, saat dilakukan pendokumentasian library terdapat library - library  yang tidak digunakan namun ikut tercatat. Sangat memungkinkan terdapat library yang tidak terdokumentasikan atau tertinggal saat dilakukan deployment sehingga menyebabkan terjadi nya error saat running pada server production.
 

Menginstall Virual Environment 

Untuk membuat suatu virtual environment pada suatu project diperlukan suatu command yaitu  "virtualenv". Apakah pc atau laptop anda telah terinstall command tersebut atau belum anda dapat memeriksanya melalui command promt cmd / terminal dengan mengeksekusi command berikut :

virtualenv -v 

atau 

virtualenv --version


Jika command virtualenv belum terinstall maka akan muncul pesan error berikut pada cmd ketika anda menjalankan command di atas :



Selanjutnya jika virtualenv  belum terinstall anda dapat menggukan commad berikut untuk menginstall virtualenv menggunakan pip (pastikan anda telah menginstall pyhton terlebih dahulu sebelum menjalankan pip, karena package pip tedapat pada python):

pip install virtualenv


Jika pada pc atau laptop anda sudah install atau anda sudah berhasil menginstall  "virtualenv" maka ketika anda mengesekui command di atas akan ditampilkan version nya :


Jika anda menggunakan Linux khususnya Ubuntu dan turunannya, anda dapat menginstallnya secara langsung dengan menggunakan perintah berkut ini :

sudo apt-get install virtualenv


Membuat Virtual Environment

Seperti yang telah saya jelaskan di atas vitual environment merupakan suatu linkungan atau wadah yang terisolasi untuk suatu project tertentunya untuk memudahkan pengembang virtual environment tersebut dapat dibuat di dalam folder project tersebut.

Berikut langkah-langkah untuk membuat virtual environment di dalam folder project :
Untuk membuat virtual environment pertama-tama anda harus masuk ke directory project anda terlebih dahulu, anda dapat melakukan dengan menggunakan commad cd project_directory.

Selanjutnya anda dapat menggunakan command berikut ini untuk membuat virtual environment :

virtualenv <nama_virtual_environment>

atau

python -m venv <nama_virtual_environment>


Berikut contoh membuat virtual environment munggunakan command virtualenv kemudian diikuti dengan nama environment nya, misalkan pada gambar di bawah ini environment saya beri nama env.

Gambar contoh cara membuat virtual environment

Hasil dari command tersebut adalah membuat suatu folder baru yang bernama env, dan di dalam nya terdapat konfigurasi-konfigurasi dan packages yang telah digenerate dan bertugas sebagai environment.


Terkait pembuatan virtual environment sebenarnya dapat dibuat di luar folder project namun sangatlah tidak effective karena dalam melakukan aktifasi virtual environment harus pindah folder / directory di setiap memulai pengerjaan suatu project.

Note :
Jika anda menggunakan version control .git dan meletakkan virtual environment pada project anda dapat meng-setting pada .gitignore untuk tidak ikut serta saat dilakukan push ke repository.


Mengaktifkan Virtual Environment

Berikut ini command yang dapat anda gunakan untuk mengaktifkan virtual environment pada project anda, sebelum mengkesekui command berikut silahkan masuk ke dalam directory project anda terlebih dahulu  :

Windows :

name_environment\Scripts\activate

or

name_environment\Scripts\activate.bat


Unix/Linux dan MacOS :

source name_environment/bin/activate


Berikut contoh gambar mengaktifkan virtual environment menggunakan perintah env\Scripts\activate. env adalah folder virtual environment yang telah saya buat sebelumnya. Jika virtual environment telah berhasil diaktifkan maka akan muncul (nama folder), misal (env) di ujung kiri dari kursor cmd.

Gambar cara menaktifkan virtual environment pada python


Mengnonaktifkan Virtual Environment (Keluar dari Virtual Environment) 

Berikut ini adalah command yang dapat anda gunakan untuk keluar dari virtual environment yang telah aktif pada suatu project :

Windows :

name_environment\Scripts\deactivate


Unix/Linux dan MacOS :

deactivate



Berikut ini contoh menonaktifkan virtual environment melalui cmd, ketika berhasil dinonaktifkan maka (env) pada ujung kiri kursor cmd akan hilang.

Gambar contoh menonaktifkan virtual environment



Berikut ini Video tutorial, untuk terkait cara menggunakan virtual environment pada python programming language.

Sekian artikel kali ini yang membahas tentang virtual environment pada python programing language..
Banyak kekurangan mohon maaf, terima kasih...

~Semoga Bermanfaat~ 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top